Dipublikasikan pada : August 27, 2012.

MODEL MENULIS SURAT PEMBACA TENTANG LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN STUDENTS ACTIVE LEARNING UNTUK SISWA KELAS IX SMPN 2 BATUJAJAR KABUPATEN BANDUNG BARAT

Program Studi : PSB Indonesia - S1

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan students active learning terhadap hasil pembelajaran menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah bagi siswa kelas 9 SMP Negeri 2 Batujajar.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian kali ini menggunakan metode desain pra eksperimental. Populasi yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 9. Jumlah sampel yang dilibatkan dalam penelitian kali ini berjumlah 80 siswa dari kelas 9A dan 9B.

Penelitian ini menggunakan tes sebagai alat pengumpulan datanya. Tes yang digunakan merupakan pretes dan posttes. Data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan korelasi Pearson’s Product Moment. Analisis ini digunakan untuk mengukur hubungan antar variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil pretes adalah 13,39 sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil posttes adalah 18,63. Koefisien korelasi Pearson yang diperoleh dari hasil analisis (r hitung) adalah 0,554. Level signifikan dari koefisien korelasi Pearson (r tabel) yang digunakan pada penelitian ini adalah 0.05 dengan degree of freedom (df) 80 maka diperoleh level signifikan one-tailed sejumlah 0.183

Keyword : , , , .