Dipublikasikan pada : January 22, 2013.

MODEL PEMBELAJARAN BERWAWANCARA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK LATIHAN PADA SISWA KELAS XI SMA MUSLIMIN KOTA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2011-2012

Program Studi : PSB Indonesia - S1

ABSTRAK

 

 

Di dalam kegiatan belajar dan mengajar yang baik haruslah diciptakan komunikasi yang solid antara murid dan guru. Kadang terjadi, murid hanya terbiasa dalam menyimak, tetapi tidak terbiasa di dalam berbicara khususnya berbicara resmi seperti berwawancara. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah banyaknya siswa yang merasa gugup ketika berwawancara. Apabila pihak sekolah, khusus guru bahasa Indonesia membiarkan masalah tersebut terjadi, tentunya akan mengakibatkan sekolah mengalami kesulitan dalam mengembangkan upaya peningkatan mutu pendidikan.

Kemampuan penulis mengajarkan berwawancara dengan menggunakan teknik latihan, dan ketepatan teknik latihan dalam pembelajaran berwawancara.

Makalah ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis dalam melaksanakan pembelajaran berwawancara dengan menggunakan teknik latihan, mengetahui kemampuan siswa dalam pembelajaran berwawancara, dan mengetahui ketepatan teknik latihan dalam pembelajaran berwawancara. Makalah ini diharapkan bermanfaat terutama untuk penulis sebagai sarana dalam memperoleh pengetahuan, pengalaman, dan wawasan sebagai calon guru bahasa dan sastra Indonesia. Untuk siswa, makalah  ini menjadi sarana untuk meningkatkan keterampilan berwawancara. Untuk guru bahasa Indonesia, makalah ini diharapkan menjadi sarana untuk meningkatkan kreativitas dalam mengajar.

Makalah ini didasari pada anggapan dasar bahwa penulis telah lulus perkuliahan keguruan dan keahlian di antaranya : Perencanaan Pengajaran, Strategi Belajar Mengajar, Evaluasi Pendidikan dan Keterampilan Berbicara. Sehingga penulis dapat melaksanakan pembelajaran selain itu, berwawancara merupakan salah satu materi pembelajaran yang tercantum dalam GBPP Bahasa Indonesia berdasarkan kurikulum 2006.

Penulis merumuskan simpulan yaitu penulis mampu melaksanakan pembelajaran berwawancara dengan menggunakan teknik latihan, mampu berwawancara dengan baik, dan teknik latihan tepat digunakan dalam pembelajaran berwawancara.

Keyword : , , .
Download Full