Dipublikasikan pada : January 16, 2013.

MODEL PEMBELAJARAN MENULIS, KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MELANJUTKAN CERITA DI KELAS V SDN SUKASENANG 1 BANYURESMI GARUT

Program Studi : PSB Indonesia - S1

 

ABSTRAK

 

Rumusan masalah ini adalah sebagai berikut: Bagaimanakah bentuk perencanaan model pembelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan teknik melanjutkan cerita ? . Bagaimanakah langkah- langkah pelaksanaan pembelajaran menulis karangan narasi dengan teknik melanjutkan cerita?, Bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran menulis karangan narasi dengan teknik melanjutkan cerita ?. Bagaimanakah hasil evalusi pembelajaran menulis karangan narasi dengan teknik melanjutkan cerita.

Adapun tujuan penelitian ini adalah ingin mendeskripsikan langkah- langkah pelaksanaan pembelajaran menulis karangan narasi dengan teknik melanjutkan cerita, ingin memperoleh gambaran hasil belajar siswa kelas V SDN Caringin 1 Karangtengah Garut  setelah melakukan pembelajaran menulis karangan narasi dengan teknik melanjutkan cerita dan ingin mengetahui kemampuan siswa kelas V SDN Caringin 1 Karangtengah Garut  setelah dilakukan evaluasi .Data yang terkumpul dalam penelitian ini adalah hasil dari observasi pretes dan postes. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kajian pustaka, teknik tes, teknik observasi, dan teknik penerapan model pembelajaran. Teknik- teknik tersebut sangat menunjang penelitian.

Pengolahan data dilakukan dengan cara mendeskripsikan kemampuan guru dan siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi dengan teknik melanjutkan cerita

Setelah data- data di atas diolah dan dianalisis dapat disimpulkan bahwa.

  1. Model rencana pembelajaran kompetensi dasar menulis karangan narasi disusun dengan langkah – langkah sebagai berikut, 1) Model format silabus 2) konsep pemilihan bahan dalam model pembelajaran 3) prosedur dan tahapan – tahapan skenario penyajian dalam langkah – langkah KBM 4) Alokasi waktu tiap – tiap tahapan pembelajaran 5) Model evaluasi yang dikembangkan 6) Kesimpulan akhir
  2. Langkah- langkah pelaksanaan penerapan model menulis karangan narasi dengan teknik melanjutkan cerita dengan urutan sebagai berikut. Kegiatan awal, 1) mengkondisikan kelas, 2) mengadakan pretes 3) mengadakan apresepsi 4) menjelaskan tujuan. Kegiatan   inti,   1)   memecahkan   masing- masing   kegiatan   dinyatakan   sebagai pernyataan atau pertanyaan biasa  2) memberikan pengarahan terhadap masalah yang akan ditemukan siswa 3) siswa mampu menentukan mengembangkan kata atau frase   menjadi   sebuah  kalimat  4)   siswa  mampu  melengkapi   cerita yang hilang   di   bagian     akhir, dan   menentukan  judul   5)   guru   menyediakan   dan menggunakan   alat sesuai kebutuhan 6) memberikan pertanyaan yang   mengarah kepada  pengembangan penyelidikan yang dilakukan siswa. Kegiatan   akhir,   1)   menyimpulkan   dan   memberi   usulan   materi   yang   telah disajikan, 2) melaksanakan postes 3) mengadakan tindak lanjut.
  3. Adanya perubahan kemampuan siswa kelas V SDN Caringin 1 Karangtengah Garut . Hal ini dibuktikan dengan hasil deskripsi analisis kemampuan siswa yang terdapat dalam pretes dan postes . Deskripsi tersebut dapat memberikan gambaran yang jelas terhadap kemampuan siswa secara umum mengalami perubahan yang berarti.
Keyword : .
Download Full