Dipublikasikan pada : August 28, 2012.

MODEL PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN TEKNIK MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SD

Program Studi : PSB Indonesia - S1


ABSTRAK

Kedudukan dan fungsi guru dalam kegiatan belajar mengajar saat ini masih dominan salah satu kegagalan yang nyata  dilapangan adalah kurang variatifnya guru dlam menyajikan materi pelajaran sebab terdorong untuk mengejar target  yang telah ditentukan.

Sebagaimana terdapat dalam KTSP, pemahaman guru tentang langkah – langkah proses belajar mengajar yang meliputi perencanaan,persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi menunjang keberhasilan guru dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satunya adalah menulis karangan sederhana ; merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa kelas III SD.

Tujuan penelitian ini adalah ingin memperoleh gambaran serta data yang objektif mengenai penyusunan rencana pembelajaran , proses kegiatan belajar mengajar,serta hasil proses pembelajaran berdasarkan Kurilulum Tingkat Satuan Pendidikan pada kelas III SD.

   Dengan menggunakan metode deskriptif dan eksperimen peneliti mencoba menbuktikan Hipotesis dari penelitian ini yaitu: penggunaan model pembelajaran menulis karangan narasi  dengan teknik media gambar seri berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa di kelas III SD

  Dari hasil penelitian pembelajaran kompetensi dasar menulis karangan sederhana dengan menggunakan media gambar seri berdasarkan KTSP pada mata pelajaran  Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas III SD menunjukan adanya peningkatan. Peningkatan tersebut ditunjukan dengan adanya kenaikan perolehan nilai akhir siswa dari tes awal, yakni 46,81 menjadi 73,06. Berdasarkan perhitungan statistik, diperoleh simpulan bahwa t hitung (26,39) lebih besar pada t tabel (2,74)pada taraf signifikasi 0,01 atau taraf kepercayaan  99%.Dengan demikian hipotesis kerja (Hi) diterima, karena t hitung > t tabel.

 

Keyword : , .