Dipublikasikan pada : January 23, 2013.

MODEL PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF INDUKTIF MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS V SDS WINDU PUTRA

Program Studi : PSB Indonesia - S1

ABSTRAK

Belajar akan lebih bermakna jika anak “mengalami” sendiri apa yang dipelajarinya, bukan “mengetahui”-nya. Pembelajaran yang berorientasi target penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetensi ‘mengingat’ jangka pendek, tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persoalan jangka panjang. Pendekatan kontekstual (contextual teaching and learning/CTL) adalah suatu pendekatan pengajaran yang karakteristiknya memenuhi harapan itu. Sekarang ini pembelajaran dan pengajaran kontekstual menjadi tumpuan harapan para ahli pendidikan dan pengajaran dalam upaya ‘menghidupkan’ kelas secara maksimal. Kelas yang ‘hidup’ diharapkan dapat mengimbangi perubahan yang terjadi di luar sekolah yang demikian cepat.

Pendekatan kontekstual diharapkan dapat mengenalkan atau menunjukan, memotivasi, dan menarik minat siswa dalam menulis paragraf induktif.

Kemampuan siswa kelas V SDS Windu Putra Bandung dalam pembelajaran menulis paragraf induktif meningkat dari nilai rata-rata tes awal 67,0 menjadi  rata-rata nilai tes akhir 76,25 dengan selisih nilai 9,25. Penggunaan pendekatan kontekstual efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis paragraf induktif pada siswa kelas V SDS Windu Putra.

Keyword : , , , .
Download Full