Dipublikasikan pada : September 12, 2012.

MODEL PEMBELAJARAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK ALFA (EKSPERIMEN KUASI)

Program Studi : PSB Indonesia - S1

ABSTRAK

 

Penelitian yang penulis lakukan yaitu MODEL PEMBELAJARAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK ALFA (EKSPERIMEN KUASI) DI KELAS VII. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menguji coba sebuah teknik yaitu teknik Alfa dalam pembelajaran menulis pengalaman pribadi. Adapun teknik Alfa ini adalah situasi dan kondisi siswa dalam keadaan sangat rileks namun tetap konsentrasi dengan diiringi musik klasik. Dengan iringan musik inilah imajinasi siswa diharapkan berperan dalam menuangkan ide dan pikirannya terhadap tulisan. Penelitian yang penulis lakukan ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran yang dapat membangkitkan motivasi belajar siswa dan motivasi mengajar guru dalam pelajaran bahasa Indonesia terutama dalam pembelajaran menulis.

Langkah awal yang dilakukan adalah memberikan tes awal (pretes) berupa menulis karangan narasi dengan tema pengalaman pribadi tanpa menggunakan teknik Alfa. Selanjutnya setelah pemberian materi tentang karangan lebih jauh dilakukan tes akhir (postes) dengan jenis tes yang sama tetapi menggunakan teknik Alfa. Dalam kegiatan pembelajaran ini diikuti oleh tiga orang guru yang berperan sebagai penilai pembelajaran mulai dari persiapan sampai proses penilaian hasil karangan siswa. Hal ini dilakukan untuk menghindari penilaian yang subjektif.

Hasil pembelajaran menulis pengalaman pribadi mengalami peningkatan yang signifikan antara pembelajaran tanpa teknik Alfa dengan pembelajaran menulis yang menggunakan teknik Alfa. Rata-rata kelas hasil pretes sebesar 5,131 sedangkan rata-rata postes sebesar 7,171 setelah diberikan perlakukan belajar. Hasil perhitungan statistik menunjukkan t-hitung 0,53 sedangkan t-tabel pada angka 68 adalah 2386 sehingga dapat dikatakan signifikan karena t-hitung>t-tabel, dan selisih rata-rata pretes dan postes mencapai 1,79 pada taraf kepercayaan 99%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hasil yang positif dan uji coba kegiatan belajar mengajar dapat berhasil dengan baik.

Keyword : , , .
Download Full