Dipublikasikan pada : August 28, 2012.

PEMBELAJARAN MEMBACA DONGENG CERITA RAKYAT MENGGUNAKAN TEKNIK KONTEKSTUAL

Program Studi : PSB Indonesia - S1

 

 Abstrak

Pembelajaran membaca dongeng cerita rakyat dengan teknik Kontekstual sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca untuk mengembangkan potensi kreativitasnya dalam membaca. Pembelajaran membaca ini penjabarannya hanya melalui pengertian atau penjelasan apa itu membaca, membaca dongeng, jenis-jenis pembelajaran Kontekstual. Dengan demikian penjabaran ini sangat membantu memudahkan dalam kegiatan membaca dongeng cerita rakyat pada siswa, di samping itu siswa akan lebih muncul rasa senang dan hobi dalam kegiatan membaca, disamping itu siswa akan lebih banyak menyelami berbagai pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Dengan pembelajaran membaca dongeng ini dapat digunakan sebagai alternatif memecahkan persoalan-persoalan yang dihadapi para pelajar dalam kegiatan pembelajaran keterampilan membaca dongeng, cara ini lebih efektif karena system pembelajarannya mudah dipahami.

Sebagai proses pembelajaran membaca dongeng, penulis membahas secara rinci pengertian atau penjelasan apa itu membaca, membaca dongeng, jenis – jenis pembelajaran kontekstual dan seterusnya pada bab II. Dalam bab III dibahas tentang prosedur penelitian pembelajaran membaca dongeng, kemudian bab IV penulis membahas analisis nilai.

Pembelajaran membaca dongeng adalah suatu alternatif dalam kegiatan belajar membaca yang efektif, dan membantu perkembangan bahasa siswa, dengan pembelajaran inilah perlu diketahui oleh kalangan pelajar dan masyarakat lain.

 

Keyword : .