Dipublikasikan pada : September 17, 2012.

PEMBELAJARAN MENEMUKAN PERBEDAAN PARAGRAF INDUKTIF DAN DEDUKTIF MELALUI KEGIATAN MEMBACA INTENSIF DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL (Contextual Teaching & Learning) DI KELAS XI SMA NEGERI 1 NGAMPRAH TAHUN AJARAN 2011 -2012

Program Studi : PSB Indonesia - S1

Judul  makalah  ini adalah  “Pembelajaran Menemukan Perbedaan Paragraf Induktif dan Deduktif melalui Kegiatan Membaca Intensif dengan menggunakan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) pada kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Ngamparah Tahun Ajaran 2011-2012. Penelitian ini mencakup kegiatan menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif dengan menggunakan Pendekatan  CTL (Contextual Teaching and Learning). Penelitian ini berawal dari pokok permasalahan yaitu (1)Apakah Pendekatan CTL ( Contextual Teaching and Learning ) efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa SMA NEGERI 1 NGAMPRAH dalam pembelajaran menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif ? dan (2)Bagaimana tingkat kemampuan siswa SMA NEGERI 1 NGAMPRAH sebelum dan sesudah dilaksanakan pembelajaran menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui membaca intensif dengan menggunakan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) ? dengan adanya pokok permasalah tersebut diharapkan Pendekatan CTL ( Contextual Teaching and Learning ) dapat efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa SMA NEGERI 1 NGAMPRAH dalam pembelajaran menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif dan dapat meningkatkan kemampuan siswa SMA NEGERI I NGAMPARAH dalam menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif. Berititik tolak dari pokok permasalahan dan tujuan penelitian di atas penulis mengajukan hipotesis yaitu (1)  Pendekatan  C T L ( Contextual Teaching and Learning ) efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa  SMA NEGERI 1 NGAMPRAH dan (2) Peningkatan kemampuan secara intensif pada siswa SMA NEGERI 1 NGAMPRAH sebelum dan sesudah menggunakan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Metode penelitian yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah metode deskriptif dengan desain pretes dan postes. Teknik yang digunakan dalam Pembelajaran Menemukan Perbedaan Paragraf Induktif dan Deduktif melalui Membaca Intensif dengan menggunakan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning), maka penelitian ini diambil sampel sebanyak 1 kelas yaitu kelas XI IPS dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang. Instrumen yang digunakan adalah pertama mengajukan surat izin penelitian, kedua merencanakan pelaksanaan pembelajaran yang dijadikan acuan dalam proses belajar mengajar, wawancara guru bidang studi, wawancara siswa, melakukan pretes, ketiga melakukan postes. Data hasil penelitian pretes, diperoleh nilai rata – rata siswa 49,03 sedangkan pada nilai postes diperoleh nilai rata – rata siswa 85,16, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretes dan postes. Analisis hasil pretes dan postes menunjukan bahwa   Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) sangat efektif digunakan untuk membantu siswa dalam memahami isi bacaan.

Keyword : , , .
Download Full