Dipublikasikan pada : September 12, 2012.

PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF PERSUASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ACTIVE LEARNING TYPE IMAJINASI

Program Studi : PSB Indonesia - S1

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya kesulitan siswa dalam meulis paragraf persuasi seperti dalam menuangkan ide, gagasan, pikiran, perasaan dan sebagainya. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya kreativitas guru dalam menyampaikan materi dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang kreatif. Berdasarkan judul di atas penulis merumuskan masalah sebagai berikut ini : 1) Penelitian ini berjudul Pembelajarn menulis Paragraf Persuasi dengan Menggunakan Metode Active Learning Type Imajinasi di SMA PASUNDAN 1 CIMAHI Tahun Ajaran 2011/2012. Berdasarkan judul di atasĀ  penulis merumuskan masalah sebagai berikut ini : Apakah metode Active learning tipe imajinasi efektif apabila digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf persuasi? 2) Apakah metode Active learning tipe dapat meningkatkan kualitas belajar siswa dalam menulis paragraf persuasi?

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui keefekifan pembelajaran menulis paragraf persuasi dengan menggunakan metode Active learning tipe imajinasi.2) Untuk mengetahui kualias kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis paragraf persuasi dengan menggunakan metode Active learning imajinasi.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif, sedangkan instumen yang digunakan adalah observasi, tes, dan studi pustaka. Tes ini diberikan kepada siswa kelas X-3 yang berjumlah 22 orang. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, maka skor rata-ratasebelum hipotesis terjadi tolak nilai rata-rata siswa adalah 74,7. Kemudia setelah pengujian hipotesis kerja diterima maka nilai rata-rata siswa menjadi 90,1. Ini membultikan bahwa penerapan metode Active Learning Type Imajinasi dalam pembelajaran menulis paragraf persuasi efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis.

Keyword : , .