Dipublikasikan pada : January 14, 2018.

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia 2017

-

Puji syukur kami panjatkan kepada Illahi rabbi atas nikmat dan karuniaNyalah seminar nasional ini bisa terselenggara dengan baik. Kami pun turut ucapkan terima kasih kepada para dosen, peneliti, guru, mahasiswa, serta semua kalangan yang andil ikut terlibat dalam acara seminar nasional 2017. Terutama untuk pemakalah, kami merasa bangga dapat menyusun prosiding hasil karya bapak ibu ini untuk kemudian menjadi bahan pembelajaran kita terhadap dunia pendidikan sebagai kontribusi ilmu pengetahuan. Melalui seminar ini mudahmudahan kita bisa menjadi pendidik yang selalu introspeksi diri, mempersiapkan diri, dan selalu siap menghadapi tantangan-tantangan terbaru dalam dunia pendidikan.

 

Seminar nasional tahun 2017 yang diselenggarakan oleh jurusan pendidikan bahasa Indonesia IKIP Siliwangi ini bertema “Pemartabatan Bahasa dan Sastra Indonesia melalui Penumbuhan Budaya Literasi”. Harapan dari seminar ini bisa menjadi sarana bertukar ilmu pengetahuan dari semua generasi pendidik untuk menumbuhkan budaya literasi masyarakat Indonesia pada khususnya. Budaya literasi pada masyarakat Indonesia belum terlihat begitu signifikan dalam pencapaiannya. Oleh karena itu, pendidikan bahasa Indonesia harus menunjukkan peningkatan kualitas dan berperan aktif dalam mencerdaskan bangsa Indonesia melalui budaya literasinya.

 

Pendidikan bahasa Indonesia sebetulnya menjadi titik sentral kemajuan bangsa bila litarasinya sudah menjadi buda yang baik dalam masyarakat. Untuk itu, tema-tema yang diangkat dalam seminar nasional kali ini terkait: 1) literasi bahasa, 2) litarsi sastra 3) literasi media, 4) literasi teknologi 5) literasi komunikasi, 6) literasi madani, 7) pemartabapan bahasa dan sastra Indonesia, 8) pembelajaran literasi bahasa dan sastra Indonesia, 9) literasi sastra dan industri kreatif.

 

Akhir kata sekali lagi kami ucapkan kepada semua kalangan yang terlibat dalam seminar nasional pendidikan bahasa Indonesia 2017 dan mudah-mudahan prosiding ini menjadi alternatif pembelajaran yang luar bisa bagi dosen, peneliti, guru, dan mahasiswa untuk meningkatkan budaya literasi bangsa ini. Aamiin.

Download Full