Dipublikasikan pada : November 6, 2012.

PEROLEHAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UIN BANDUNG BERDASARKAN JALUR MASUK YANG DITEMPUH DAN ASAL SEKOLAH

Diterbitkan dalam : Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung ()
, ,

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan perolehan indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika UIN Bandung berdasarkan jalur masuk yang ditempuh dan asal sekolah mereka. Jalur masuk yang ditempuh mahasiswa yaitu jalur : (1) Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), (2) Penelusuran Potensi Akademik (PPA), dan (3) Ujian Lokal yang diselenggarakan oleh UIN Bandung, sedangkan asal sekolah mereka adalah Sekolah Menengah Atas atau sederajatnya (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA).

 

Pengambilan sampel menggunakan teknik Propotionates Stratified Random Sampling, yaitu pengambilan sampel dari anggota populasi secara acak dan berstrata secara proporsional. Sebanyak 90 mahasiswa angkatan 2008/2009 sebagai subjek sampel yang masuk melalui 3 jalur dan berasal dari 2 jenis sekolah. Sehingga desain eksperimen yang digunakan adalah dua jalur 2 X 3 model faktorial dan dianalisis dengan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS) untuk menguji ANOVA (Analisys Of Variances) dua jalur. Instrumen dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi.

 

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: 1) secara keseluruhan, terdapat perbedaan IPK mahasiswa antara yang masuk melalui Jalur SNMPTN, Jalur PPA dan Jalur Ujian Lokal. IPK mahasiswa Jalur SNMPTN lebih baik daripada IPK mahasiswa Jalur PPA dan Jalur Ujian Lokal. Tidak terdapat perbedaan IPK mahasiswa antara yang masuk melalui Jalur PPA dengan Jalur Ujian Lokal; 2) berdasarkan asal sekolah terdapat perbedaan IPK mahasiswa antara yang masuk melalui Jalur SNMPTN, Jalur PPA dan Jalur Ujian Lokal. Mahasiswa yang berasal dari SMA dan MA pada Jalur SNMPTN, IPKnya lebih baik daripada mahasiswa yang berasal dari SMA dan MA pada Jalur PPA dan Jalur Ujian Lokal. Mahasiswa yang berasal dari SMA pada Jalur  PPA, IPK nya lebih baik daripada mahasiswa yang berasal dari SMA pada Jalur Ujian Lokal. Mahasiswa yang berasal dari MA pada Jalur PPA, IPK nya lebih baik daripada mahasiswa yang berasal dari MA pada Jalur Ujian Lokal. Terlihat perbedaan yang sangat tipis antara IPK mahasiswa yang berasal dari MA pada Jalur Ujian Lokal dengan mahasiswa yang berasal dari SMA pada Jalur PPA; 3) tidak terdapat keterkaitan (interaksi) antara jalur masuk dan asal sekolah terhadap IPK mahasiswa. Hal ini menunjukkan bahwa jalur masuk dan asal sekolah tidak memberikan pengaruh terhadap IPK mahasiswa.

Keyword : .